Berbagai Informasi Terbaru

Kamis, November 11, 2021 | , ,    Berkomentar

Mengapa bayi cegukan lebih sering dalam sehari? Anda mungkin masih awam mengenai cegukan normal yang terjadi pada bayi. Sebagai ibu yang baru melahirkan, Anda tidak perlu cemas berlebihan bila bayi alami sendawa. Hal ini dikarenakan bayi mengalami perkembangan refleks cegukan begitu menginjak usia 4-5 bulan, bahkan bayi bisa alami cegukan sejak dalam kandungan, lho! Sebenarnya, apa yang menyebabkan bayi bisa cegukan lebih sering dan kiat mengatasinya? Yuk, baca ulasan singkat yang bermanfaat berikut!

Hal yang Sebabkan Bayi Alami Cegukan 

Cegukan merupakan hal lumrah yang acap terjadi karena kontraksi tidak sengaja otot diafragma tubuh. Tidak hanya bayi saja, orang dewasa juga bisa mengalami cegukan, termasuk sebagian besar hewan mamalia. Bila Anda ingin memahami alasan mengapa bayi cegukan, simak beberapa penyebab bayi mengalami refleks tersebut yaitu :

1. Makan terlalu cepat

Tidak hanya orang dewasa saja yang harus makan pelan-pelan agar tidak cegukan, ternyata bayi mengalami hal yang sama. Bayi yang menikmati ASI begitu banyak dan cepat, kemudian Anda melepas ASI dengan kuat saat menyusui bisa sebabkan bayi cegukan. Bila memilih dot untuk bayi pun, Anda harus memperhatikan puting dot tidak terlalu besar agar bayi bisa menyusu lebih nyaman dan bebas risiko tersedak atau cegukan. 

Hal ini juga terjadi pada bayi yang mulai makan MPASI padat, sebaiknya Anda tidak memberikan jumlah makan banyak sekaligus. Berikan dalam jumlah kecil-kecil lebih dulu agar sistem pencernaan bayi bisa berkembang sempurna.

2. Perlu sendawa

Alasan bayi lebih sering cegukan karena ia memang membutuhkan sendawa atau gerak refleks otot diafragma tersebut. Proses ini sangat normal dan alami untuk mengeluarkan udara ekstra di dalam perut si kecil. 

3. Terlalu banyak menelan udara

Saat bayi tengah menyusu atau makan MPASI, kemungkinan udara ikut masuk ke saluran pencernaan sehingga orang tua wajib membantu anak mengeluarkan kelebihan udara di dalam perut.

4. Biarkan bayi istirahat dari makan terlalu banyak 

Sebagai ibu yang ingin memberikan susu dan MPASI terbaik, Anda mungkin membuat bayi makan terlalu banyak. Penyebab sendawa terus-menerus karena bayi mengkonsumsi makanan yang melebihi kapasitas sehingga cegukan bisa berlebihan. Anda tidak harus mengikuti jadwal MPASI pagi, siang dan sore bila bayi menolak makan. Bisa jadi ia masih merasa kenyang sehingga Anda harus menuruti keinginan anak yang ingin menyusu atau menikmati MPASI, alih-alih memberikan makanan terus menerus sesuai jadwal.

5. Bayi alami refluks asam lambung 

Penyebab bayi Anda alami cegukan karena masalah refluks asam lambung yang normal terjadi. Masalah sindrom refluks gastroesofageal disebabkan sistem pencernaan bayi yang belum berkembang dengan baik sehingga ia acap memuntahkan asam lambung kembali. 

Kiat mengatasi masalah refluks asam lambung pada bayi adalah memberikan ASI lebih sering dalam jumlah sedikit, menggendong bayi di pundak dengan posisi lebih tegak agar ia bisa bersendawa, hindari memberikan MPASI berlebihan, hindari memakaikan pakaian yang terlalu ketat, atau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait diagnosis dan pengobatan refluks asam lambung pada si kecil. 

Kini Anda sudah tahu penyebab mengapa bayi cegukan setiap hari, bukan? Selama bayi mengalami cegukan yang normal, maka Anda tidak perlu cemas berlebihan sebab sendawa penting dalam mengeluarkan udara di dalam perut si kecil. Bila ada tanda anak alami gejala GERD yang parah, maka Anda harus konsultasi dengan dokter terdekat. Usahakan untuk membuat bayi bersendawa setelah menyusui demi perkembangan saluran cerna yang lebih maksimal, ya!

0 komentar:

Posting Komentar