Berbagai Informasi Terbaru

Rabu, Oktober 27, 2021 | , ,    Berkomentar
Ini Dia 5 Faktor yang Menyebabkan Tulang Keropos

Faktor apa saja yang menyebabkan tulang keropos? Ternyata proses pengeroposan tulang ini bisa terjadi kepada siapa saja. Tidak hanya orang-orang yang sudah lanjut usia namun juga pada golongan anak muda. Tentunya pengeroposan tulang tidak baik bagi kesehatan dan akan menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Tulang jadi lemas, terasa nyeri, dan tidak bisa difungsikan secara optimal.

Penyebab Tulang Keropos

Ternyata ada banyak sekali jenis faktor yang bisa memicu terjadinya pengeroposan tulang. Proses pengeroposan ini dimulai dengan munculnya lubang-lubang kecil di bagian tulang yang kemudian akan terus bertambah besar. Sementara itu bagian luar tulang akan menjadi lebih tipis dan mudah hancur. Berikut ini adalah 5 faktor penyebab yang memicu munculnya tulang keropos:

1. Usia

Tidak bisa dipungkiri bahwa usia memang sangat berpengaruh pada performa tubuh terutama pada bagian tulang. Bisa dikatakan bahwa usia menjaid faktor utama yang memicu terjadinya pengeroposan pada tulang. Biasanya hal ini terjadi karena ada penurunan absorbsi vitamin D oleh tubuh.

Selain itu, orang lanjut usia juga memiliki peluang lebih besar untuk mengalami pengeroposan tulang karena adanya penyakit penyerta. Biasanya orang lanjut usia memiliki banyak jenis penyakit penyerta. Apalagi jika didampingi dengan konsumsi obat-obatan tertentu yang mungkin bisa memicu terjadinya pengeroposan.

2. Kekurangan Nutrisi

Tulang keropos juga bisa saja terjadi jika Anda tidak memenuhi kebutuhan nutrisi. Perlu dicatat bahwa kekuatan dan kesehatan tulang sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Jika asupan nutrisi tidak memadai maka tulang-tulang Anda akan jadi lebih lemah dan mungkin saja jadi lebih mudah patah.

Ada beberapa jenis kandungan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan tulang. Mulai dari vitamin D, vitamin K, fosfor, magnesium, dan lain sebagainya. Penuhi kebutuhan nutrisi ini sebaik mungkin sehingga pengeroposan tulang tidak terjadi.

3. Kurang Aktivitas Fisik

Apa saja yang menyebabkan tulang keropos selain faktor usia dan kekurangan nutrisi? Ternyata kurang melakukan aktivitas fisik juga bisa memicu proses pengeroposan tulang muncul dan berkembang semakin parah. Sangat disarankan untuk meluangkan waktu singkat berolahraga demi tubuh sehat dan tulang yang kuat. 

Ada banyak jenis aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan. Anda bisa jogging, senam pagi, berenang, atau melakukan jenis olahraga lainnya yang dirasa paling menyenangkan. Pastikan untuk melakukan olahraga atau aktivitas fisik ini secara rutin setiap hari demi menjaga kesehatan secara optimal.

4. Ketidakseimbangan Hormon

Pengeroposan tulang juga bisa dipicu oleh adanya ketidakseimbangan hormon. Biasanya kondisi tulang keropos ini paling sering dialami oleh wanita yang mengalami menopause. Bagi wanita, jenis hormon yang bisa memicu pengeroposan tulang adalah hormon estrogen. Sementara itu bagi laki-laki, hormon yang akan menyebabkan tulang keropos adalah hormon testosteron. 

5. Konsumsi Obat

Ternyata tulang keropos juga bisa terjadi karena kebiasaan konsumsi obat-obat tertentu. Biasanya hal ini akan dialami oleh orang-orang yang menderita penyakit kronis dan butuh konsumsi obat harian. Salah satu jenis obat yang bisa memicu terjadinya pengeroposan tulang adalah obat kortikosteroid. Selain itu, obat kejang juga diketahui memiliki hubungan erat dengan proses pengeroposan tulang.

Itulah faktor-faktor apa saja yang menyebabkan tulang keropos dan sebaiknya diperhatikan dengan sebaik mungkin. Pastikan Anda mencegah proses pengeroposan sedini mungkin dengan memahami faktor pemicunya. Jaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda secara optimal demi masa tua yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar