Berbagai Informasi Terbaru

Sabtu, Desember 19, 2020 | ,    Berkomentar
Simak 6 Tips Perawatan Kanker Payudara Setelah Operasi Agar Cepat Pulih

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang pada wanita. Kanker payudara merupakan suatu kondisi sel kanker yang terbentuk di jaringan atau bagian payudara. Untuk penyembuhan penyakit ini salah satu nya melakukan operasi. Setelah operasi dilakukan tentunya masih banyak hal yang dilakukan. Intip 6 perawatan sakit kanker payudara setelah operasi.

Langkah Perawatan Yang Dilakukan Setelah Operasi Kanker Payudara

1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan salah satu langkah yang paling utama setelah melakukan operasi kanker payudara. Tujuan dari kemoterapi ini ialah untuk menghilangkan atau membunuh sel kanker yang tersisa di dalam tubuh. Jangka waktu kemoterapi tergantung dari jenis kanker dan tingkat stadium yang dialami.

Untuk perawatan kemoterapi tidak hanya dilakukan ketika pasien masih berada di rumah sakit. Melainkan juga pasien yang berada di rumah juga bisa. Dari pihak rumah sakit dapat menghubungi anda ketika masuk waktunya untuk melakukan kemoterapi. Biasanya kemoterapi dilakukan secara rutin dengan waktu yang sudah ditetapkan. 

2. Mengatur Makanan Yang Dimakan

Ketika seseorang mengidap kanker tentunya memiliki makanan-makanan yang tidak boleh di konsumsi, begitu pula dengan setelah operasi. Adapun makanan yang tidak bisa dikonsumsi seperti jeroan dan jengkol. Selain itu menghindari makanan yang mengandung gula, garam yang berlebih, serta makanan yang mengandung pengawet dan pemanis.

3. Mengonsumsi Makanan Yang Dianjurkan

Perawatan sakit kanker payudara setelah operasi selanjutnya ialah mengonsumsi makanan yang dianjurkan. Adapun jenis makanan yang sangat disarankan setelah operasi seperti pare, brokoli dan bayam. Selain itu makanan tersebut juga dapat membantu mencegah kanker. Kemudian buah seperti delima, dan berbagai jenis berry-berry juga sangat bagus untuk tubuh.

4. Pijat Refleksi

Penyembuhan luka bekas operasi akan kering sekitar satu atau dua minggu setelah operasi. Ketika merasa sudah sembuh maka dapat melakukan pijat refleksi payudara secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan sel-sel ke bentuk semula. Pijat refleksi juga dapat dilakukan oleh siapapun dikarenakan dapat juga mencegah kanker payudara. 

5.  Mengonsumsi Obat Sesuai Dengan Resep

Mengonsumsi obat secara rutin adalah salah satu perawatan sakit kanker payudara yang harus dilakukan. Minumlah obat sesuai dengan resep dokter, karena beberapa obat dapat berfungsi sebagai antiseptik untuk menghindari infeksi. Selain itu obat yang diberikan juga dapat meredah rasa sakit, oleh sebab itu mengonsumsi obat sangat penting.

Ingatlah bahwa dokter meresepkan obat untuk membantu memulihkan keadaan anda. Oleh karena itu meskipun anda merupakan orang yang tidak suka meminum obat atau selalu menghindari obat, maka cobalah untuk tetap meminumnya. Paksakan diri anda sendiri karena anda sehat bukan untuk orang lain tapi untuk diri anda dan keluarga. 

6. Olahraga

Hal yang satu ini sangat penting untuk menjaga tubuh, karena dengan olahraga minimal 15 menit sehari dapat membantu seluruh tubuh bergerak. Selain itu olahraga juga dapat meningkat kekebalan tubuh dan mampu meregangkan otot yang tegang setelah operasi. Olahraga juga dapat menghilangkan stres penyebab kecemasan saat operasi kala itu.

Banyaknya hal positif yang ditemukan dalam olahraga menjadikan perawatan sakit kanker payudara yang satu ini sangat baik dilakukan. Olahraga juga tidak diperuntukkan untuk orang sakit, namun orang yang sehat pun perlu melakukan olahraga untuk mawas diri terhadap penyakit. Maka dari itu olahraga menjadi hal yang penting untuk dibudidayakan. 

Banyak hal yang harus diperhatikan setelah melakukan operasi kanker payudara. Salah satu dan paling utama yang harus anda lakukan adalah mematuhi petunjuk dari dokter anda, karena yang paling mengetahui kondisi andalah adalah dokter. Patuhilah benar-benar petunjuk dari dokter mengenai apa yang bisa anda lakukan atau yang tidak boleh dilakukan setelah operasi. 

0 komentar:

Posting Komentar