Berbagai Informasi Terbaru | 2020

Minggu, September 27, 2020 | ,    Berkomentar
Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, terkenal memiliki segudang ragam kuliner yang harus dicoba dan dijelajahi. Kota yang diberi julukan Venetie van Java (Venesia di Pulau Jawa) ini memang tidak hanya menawarkan keragaman destinasi wisata yang menarik saja. Tetapi juga makanan khas yang akan membuatmu gagal diet. Tidak heran jika pada tahun 2015 yang lalu, Semarang telah dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan oleh Kementerian Pariwisata.

1. Mangut Belut Semarang

Sumber: https://www.tripzilla.id/

Makanan khas Semarang yang paling enak, salah satunya adalah Mangut Belut Semarang. Bumbu Mangut Belut Semarang adalah rempah yang pedas, di mana hal itu terlihat dari tekstur kuahnya yang cenderung kemerahan. Tentu saja berbeda dengan Mangut Lele khas Magelang yang berwarna kuning dan sarat akan kunyit. Rasa pedas dan gurih membuat selera makanmu semakin bertambah. Aroma batang sereh yang berpadu dengan laos dan kunyit juga cukup kuat terasa. Tekstur belutnya sangat lembut dan matang hingga ke dalam.

Mangut belut yang terkenal di Semarang adalah Mangut Belut Hj Nasimah yang terletak di Jl Kyai Saleh, Semarang Selatan. Warung ini sudah buka sejak tahun 1978, dan tergolong sebagai salah satu rumah makan yang legendaris di Semarang.

2. Sate Buntel

Sumber: https://www.tripzilla.id/
 
Sate buntel ini terbuat dari daging kambing dan pepes olor. Sebelum pepes olor, sate buntel dibumbui dengan bahan-bahan pilihan dan barulah dioles pepes olor atau lemak sumsum agar rasanya bertambah nikmat. Biasanya sate buntel ini disajikan dengan sambal, jeruk nipis, dan potongan bawang. Jika kamu ingin menikmati lezatnya sate buntel Semarang ini, kamu hanya perlu berkunjung ke salah satu rumah makan di Jalan Letnan Jenderal Suprapto Nomor 29. Konon katanya, kedai makan ini sudah ada sejak tahun 1945, dan masih mempertahankan cita rasanya hingga sekarang.

3. Ayam Goreng Bangkong

Sumber: https://mytrip123.com
 
Nama Ayam Goreng Bangkong ini berasal dari nama rumah makan yang berdiri di daerah Bangkong, Semarang. Pada awalnya, seorang pengusaha bernama Soleh Soekarno merintis rumah makan soto di daerah Bangkong, kemudian ia menjual varian menu ayam goreng. Meski mengusung soto sebagai menu andalannya, tetapi sesungguhnya ayam goreng Bangkong ini juga tidak kalah lezat. Perpaduan antara kunyit dan ketumbarnya begitu terasa, hingga meresap ke sela-sela dagingnya.

Saat ayam digoreng dan ditiriskan akan tercium wanginya yang begitu harum, apalagi jika meja tempat kamu duduk tidak jauh dari lorong dapur. Rasa lapar bercampur penasaran tentunya akan semakin menggugah seleramu.

4. Nasi Pindang

Sumber: https://www.tripzilla.id/
 
Pindang di beberapa daerah merupakan nama sejenis ikan, namun berbeda dengan di Semarang. Nasi pindang merupakan sebuah makanan olahan daging sapi yang dikombinasikan dengan kuah rempah kluwek, dan daun melinjo. Secara penampilan, nasi pindang ini hampir mirip seperti rawon di Jawa Timur. Namun bedanya, nasi pindang tidak terlalu pekat dan lebih terasa segar.

Warung Pak Ndut yang menyajikan makanan khas Semarang ini juga termasuk yang melegenda karena telah berdiri sejak tahun 1973 dan telah turun-temurun diwariskan hingga kini sudah generasi keempat. Dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB, nasi pindang Pak Ndut selalu habis diserbu pembeli. Jadi kalau kamu mau mencobanya, jangan datang terlalu telat. Lokasinya berada di jalan Stadion Selatan (depan Badan Kepegawaian Daerah), Karangkidul, Semarang.

5. Tahu Gimbal

Sumber: https://www.tripzilla.id/

Mengingat posisi Semarang yang terletak di pesisir utara Jawa, maka tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan berbumbu petis seperti di Surabaya, Lamongan, dan Tuban. Di Semarang sendiri, makanan dengan bumbu petis yang terkenal adalah tahu gimbal. Tahu gimbal Semarang berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol, dan tauge yang kemudian disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Rasanya adalah perpaduan antara manis, gurih dan asin yang nikmat.
Tahu Gimbal Pak Edi merupakan salah satu tempat makan yang direkomendasikan untuk mencoba kuliner khas Semarang yang satu ini. Lokasinya berada di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang (samping kantor Gubernur).


Berbagai macam makanan olahan ayam, sapi, dan ikan dengan cita rasa yang khas dapat dengan mudah kamu temui di setiap sudut kota Semarang. Beberapa di antaranya adalah kuliner legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1940-an. Kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Semarang yang mana dulu? Untuk mendapatkan rekomendasi berbagai tempat wisata menarik hingga tempat kuliner di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Wonderful Indonesia.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar