Manfaat Penting Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Manfaat Penting Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Mengajari anak untuk menabung sebaiknya dilakukan sejak usia dini, karena menabung adalah hal positif dan banyak manfaat menabung untuk anak yang bisa didapat. Orang tua bisa memanfaatkan Tabungan Junio BRI yang merupakan produk Tabungan BRI khusus anak - anak.

Pengertian menabung mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Menabung adalah menyimpan uang disuatu tempat yang aman. Nantinya, uang tersebut akan digunakan untuk keperluan tertentu. 

Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar ditambah pula dengan kebiasaan tidak menabung.

Maka dari itu, penting untuk orangtua mengajarkan menabung sejak dini. Orang tua bisa memanfaatkan Tabungan Junio BRI bri sangat menarik bagi anak. Nah, sebenarnya apa saja sih Manfaat penting mengajari anak menabung sejak dini? berikut ini diantaranya.

Berlatih Mengatur Keuangan Sendiri

Manfaat menabung untuk anak yang pertama adalah melatih mengatur keuangan mereka sendiri. Dengan kebiasaan menabung secara rutin, anak mampu memperhitungkan berapa uang untuk jajan, dan berapa untuk disimpan.

Bagi orangtua yang memberikan uang saku harian, tetapkan nominal harian yang harus disisihkan dari uang saku mereka.

Belajar Merencanakan Keuangan

Jika anak mempunyai keinginan untuk membeli sesuatu, tidak ada salahnya menyuruh mereka membeli dari hasil menyisihkan uang saku. Dengan demikian, mereka akan belajar menyesuaikan kapan dapat membelinya dan besar uang yang harus disisihkan setiap hari hingga terkumpul dana yang cukup.

Mengajarkan Hidup Hemat

Mereka perlu diberikan kesadaran tentang perlunya melakukan persiapan untuk hal-hal tak terduga di masa depan. Hal ini, juga menghindarkan dari  kebiasaan membeli barang yang mubazir. Hingga dewasa nanti, mereka terbiasa hanya akan membeli barang sesuai keperluan, baik jumlah maupun jenisnya.

Belajar Menghargai Uang

Memberi pemahaman tentang susahnya mendapatkan uang, dapat orangtua lakukan dengan mengajari mereka berwirausaha. Uang yang dihasilkan dapat ditabung sedikit demi sedikit. Hal ini dapat menjadi ajang pembelajaran untuk menghargai uang bagi anak. Setelah memahami sulitnya memperoleh uang, mereka akan menghargainya, sekalipun hanya recehan.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons