Kamis, 20 Desember 2018

Vitamin B Kompleks Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh

Vitamin B Kompleks Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh

Tubuh yang kita miliki adalah anugerah pemberian dari tuhan yang maha esa. Seluruh nikmat dan karunia Nya sudah kita dapatkan salah satunya adalah diberikan kesehatan dan tubuh yang sempurna oleh sang maha pencipta. Tubuh yang sedemekian rupa sempurna ini juga memerlukan perawatan dan makanan khusus untuk dijaga dan dipertahankan kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan dan perawatan tubuh antara lain adalah berolahraga setiap hari dan selalu makan-makanan yang sehat dan bervitamin. Vitamin dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti adalah senyawa kimia atau senyawa organic berbobot molekul-milekul kecil yang memiliki fungsi  yang sangat vital dalam metabolisme setiap organism dan tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Vitamin yaitu zat gizi yang sangat penting dan diperlukan sekali untuk tubuh. Banyak juga jenis dan manfaat dari vitamin-vitamin. Yaitu antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin B komplek,  vitamin C, vitamin D, vitamin E. masing-masing vitamin itu memiliki khasiat dan fungsi yang berbeda-beda untuk tubuh. Dan vitamin-vitamin itu juga berasal dari sumber yang berbeda-beda pula. Vitamin A, terbukti sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat system imun, menunjang pertumbuhan janin, mencegah jerawat muncul, menjaga kesehatan tulang dan masih banyak fungsi-fungsi baik lainnya. Vitamin A biasanya biasa kita temukan dari sayur-sayuran dan buah-buahan  yang ada disekeliling kita seperti wortel, apel dan lain-lainnya.

Namun pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan kami untuk membahas dan mengupas tuntas vitamin B kompleks saja. Seperti yang kita ketahui, tubuh kita harus selalu diasupi oleh semua vitamin-vitamin yang lengkap agar tubuh kita sehat dan juga membantu metabolisme. Termasuk vitamin B dan  vitamin B kompleks. Fungsi dan peran vitamin B adalah memegang peran yang penting untuk tubuh dalam hal pertumbuhan, perkembangan dan juga fungsi-fungsi tubuh lainnya. Oleh karena vitamin B sangat penting sekali untuk tubuh, alangkah baiknya dan sangat penting untuk mengkonsumsi makanan, sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin B. sebelum membahas buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin B, akan dijelaskan beberapa jenis, fungsi atau manfaatnya dari vitamin B terlebih dahulu.

Yang pertama adalah vitamin B 1 atau thiamine, Vitamin B 1 ini berfungsi untuk menjaga system saraf agar sehat selalu dan juga diperlukan oleh tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Makanan-makanan yang mengandung vitamin B1 ini bisa anda temukan dalam telur, daging sapi, roti, susu, dan biji-bijian yang utuh, buah-buahan, dan sayur-sayuran misalnya kacang polong. Dosis yang wajar dan dianjurkan oleh para ahli adalah 0,8 mg untuk perempuan, dan 1 mg untuk laki-laki.

Kemudian yang kedua adalah vitamin B 2 atau juga disebut riboflavin. Vitamin B 2 adalah vitamin yang berfungsi dan memiliki tugas khusus untuk menjaga kesehatan kulit dan keshatan mata. Vitamin B 2 ini sangat penting dan wajib dikonsumsi jika ingin memiliki mata yang sehat, dan tentunya kulit yang sehat pula. Fungsi lainya adalah untuk menjaga system saraf dan juga membantu proses dalam mencerna karbohidrat. Namun untuk mengkonsumsi vitamin B 2 ini  tak perlu berlebihan, cukup konsumsi dengan dosis 1,1 mg untuk perempuan, dan 1,3 mg untuk laki-laki. Sumber untuk mendapatkan vitamin ini bisa anda dapatkan dari telur, ikan, nasi, sayur mayur.

Vitamin B 3 atau juga biasa disebut niacin adalah vitamin selanjutnya yang akan dibahas, vitamin B 3 berperan sebagai penjaga system saraf tubuh kita agar selalu tetap bekerja dengan baik dan juga sebagai penjaga kesehatan lapisan terluar dari tubuh kita, yaitu kulit. Untuk mendapatkan makanan-makanan yang mengandung vitamin ini anda juga bisa mendapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, susu, ikan, telur dan juga daging sapi. Dosisnya juga dibatasi tidak boleh lebih dari tiga belas mg untuk perempuan dan tujuh belas mg untuk laki-laki.

Jika anda ingin vitamin yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh dan penting dalam memproduksi hormone. Anda perlu vitamin B 5, Vitamin yang biasa disebut dengan phantothenic acid ini selain berfungsi membantu pertumbuhan tubuh dan untuk memproduksi hormone, vitamin B 5 ini juga  berfungsi untuk merubah makanan yang anda konsumsi berubah menjadi energi. Energi berguna untuk tenaga. Vitamin B5 ini juga bisa kita temukan pada makanan-makanan seperti kentang, sayur tomat, daging sapi, brokoli, telur, nasi merah, dan juga ada di dalam daging ayam.  

Lalu vitamin yang berfungsi untuk membentuk hemoglobin yang menyebarkan oksigen di dalam darah ke seluruh tubuh adalah vitamin B 6. Vitamin B 6 atau biasa disebut dengan istilah pyridoxine ini juga selain berfungsi membentuk hemoglobin juga berfungsi sebagai pengubah protein dan karbohidrat menjadi energi. Lalu menjaga otot, saluran pencernaan dan beberapa dari system imunitas dalam tubuh anda. vitamin B6 juga sangat banyak dan mudah ditemukan dalam susu, kacang, ikan, kentang, pisang, dan daging ayam. Dosis yang harus dikonsumsi harian yang direkomendasikan oleh ahli gizi adalah sebesar 1,2 mg untuk perempuan, dan 1,4 untuk laki-laki.  

Selanjutnya adalah vitamin B 7. Vitamin yang berperan penting dalam pepecahan lemak dan karbohidrat menjadi glukosa dan asam lemak dan dijadikan sebagai tenaga untuk tubuh ini disebut dengan istilah biotin. Vitamin biotin atau B 7 ini biasa kita temukan dalam makanan seperti ikan salmon, buah pisang, sayur wortel, hati, sereal dan kembang kol.

Kemudian vitamin B 9 atau folic acid adalah vitamin  yang sangat tak kalah penting dan berfungsi untuk memproduksi sel darah merah dan juga membantu pembuatan sel-sel tubuh, dan juga menjaga DNA. Dan jika dikonsumsi saat masa hamil, vitamin B 9 ini bisa berfungsi sebagai penurun resiko bayi mengalami kecacatan system saraf pusat pada bayi. dosis yang disarankan hanya 0,2 mg saja. Namun untuk ibu hamil 0,4 mg per hari. bagi ibu yang berencana hamil juga sangat bagus untuk mengkonsumsi vitamin ini, dosisnya 0,4 mg juga. Konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, kacang polong, brokoli, asparagus, sereal dan bayam untuk bisa mendapatkan vitamin ini.

Lalu vitamin B 12 atau cobalamin adalah vitamin penting untuk memproduksi sel darah merah dan juga mengubah makanan menjadi energi dan tenaga serta berfungsi menjaga system saraf tubuh anda agar selalu sehat. sumbernya adalah : susu, salmon, daging, keju, dan telur. Vitamin-vitamin di atas biasa disebut oleh para ahli adalah vitamin B kompleks. Artikel vitamin B kompleks ini semoga bisa dipahami dan juga bisa dimengerti dan tentunya semoga bermanfaat untuk anda semua. Selalu konsumsi makanan-makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin, dan juga diimbangi dengan olah raga yang rutin serta memiliki fikiran yang positif adalah kunci sehat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons